Rumus Pertamamu (Formula)

0
8

Mari kita praktekkan. Anda bisa gunakan Google Sheets di browser baik di PC atau smartphone;

  • Buatlah sebuah Spreadsheet di Google Sheets. Beri nama “Contoh Sreadsheet” atau nama yang anda sukai.
  • Cari cell A1. Pada cell tersebut, ketikkan 65,2 dan klik enter. Jika anda menggunakan aplikasi di HP, pilihlah cell dan kemudian gunakan Bar Formula (ditandai dengan tulisan fx) untuk memasukkan angkanya.
  • Pada cell A2, masukkan angka 42
  • Pada Cell A3, masukkan angka 459

Worksheet akan tampil seperti ini (lihat SS yang belum di SS ini hehehe)

Rumus atau Formula akan ditempatkan dalam cell kosong yang akan menghitung total dari tiga cell. Bisa diletakkan pada cell di bawahnya atau di tempat lain dalam kolom yang berbeda. Kalkulasi bisa dilakukan dimana saja dalam worksheet, dan akan selalu terhubung dengan cell yang berisi nilai yang ditambahkan secara bersamaan.

Baiklah, silakan seleksi cell A4, kemudian masukkan di dalamnya seperti pada bawah ini

=A1+A2+A3

Ini adalah formula. Semua formula dan fungsi yang dimasukkan kedalam spreadsheet harus dimulai dengan tanda “=”. Sedangkan A1, A2, dan A3 sebagai referensi cell yang berisi nilai numerik. Referensi bisa  ditulis dengan huruf kecil “a3” namun Sheets akan mengkonversinya menjadi huruf besar.

Ketika anda mengetikkan masing masing referensi cell ke dalam formula, cell akan terlingkari dengan kotak yang mengelilinga. Warna teks yang dituliskan sama seperti warna kotak tadi.

Untuk mengakhiri mengetikkan rumus cukup dengan menekan enter. Hasilnya akan muncul pada cell A4

LEAVE A REPLY