Meningkatkan Spreadsheets dengan Google Forms

0
8

Pada awalnya program Spreadsheets diciptakan untuk membantu bisnis dengan urusan finansial, sementara pekerja Office menemukan kegunaan lain: memasukkan teks ke dalam cell untuk membuat list.

Contohnya, seseorang mungkin membuat list atau daftar nama dan jurusan peserta yang hadir dalam sesi training, atau, partisipan dalam sebuah kantor, dan kemudian memanipulasi data menggunakan filter dan fungsi sortir.

Google Forms memudahkan pembuatan list dengan tool kreator form yang mana kita bisa membuat form yang bisa dikustomisasi pada web dan memasukkan data ke dalam Google Sheets.

Bangaimana cara Google Forms mengambil data

Google Forms merupakan tool yang memudahkan kita membuat form secara online. Data dimasukkan ke dalam form yang akan secara otomatis dimasukkan ke dalam Google Sheets.

Forms tersebut bisa membuat cara mengambil data dengan lebih baik. Bayangkan, daripada memasukkan data secara manual, anda bisa membuat form sederhana atau survey, posting di web dan biarkan orang-orang bekerja untuk anda. Tool ini perfect untuk form sign up dan laporan sederhana.

Segera setelah form dibuat, dia bisa diakses melalui link Google yang bisa anda kirimkan via email atau posting di jaringan sosial. Form tersebut juga bisa diembed ke blog atau halaman web Company. Opsi kustomisasi bisa membuat form terlihat lebih profesional, atau match dengan font dan warna yang digunakan. Data dari form secara langsung dimasukan ke Spreadsheet, yang mana hanya visible pada anda dan kolaborator.

Bagaimana cara membuat Form

  1. Anda bisa membuatnya baik dengan melalui Spreadsheet (pilih Tools>Create a form) atau membuat sebuah form baru melalui layar Google Drive dengan cara menekan tombol New dan memilih More>Google Forms.
  2. Editor Form tampil
  3. Gunakan checkboxes untuk memilih pengaturan yang disukai. Contohnya, anda bisa mewajibkan user untuk login, atau menampilkan progres bar pada bagian bawah form.
  4. Masukkan Judul
  5. Masukkan deskripsi. Buat dengan jelas untuk apa form dibuat, dan tambahkan beberapa instruksi yang bisa membantu orang untuk menyeleseikan form sehingga user tidak salah memasukkan data.
  6. Masukkan pertanyaan menggunakan tombol Add Item. Ada banyak jenis yang bisa digunakan
    1. Text. Satu baris teks
    2. Paragraph Text. Mengizinkan jawaban yang lebih panjang
    3. Multiple Choice. Membuat pertanyaan multiple choice, dengan banyak jawaban yang memungkinkan.
    4. Checkboxes. User bisa melakukan cek pada item yang terdaftar.
    5. Choose from a list. Membuat sebuah menu Dropdown.
    6. Scale. User memilih angka dari 1 sampai 10, atau kombinasi angka yang anda pilih.
    7. Grid. User mengisi data menurut tabel.

Data yang dimasukkan ke dalam form web akan secara langsung ditambahkan ke Spreadsheet yang terhubung, yang bisa diakses dari Google Drive, Sheets, atau tab View Response pada Editor Form. Sheets juga menambahkan Timestamps untuk masing-masing kiriman data.

Data dari form isa diformat, disortir, difilter, dan dimanipulasi menggunakan metode yang sama seperti yang telah dibahas pada bab terdahulu.

Ketika sudah selesei, link untuk akses form bisa ditemukan pada bagian akhir dari halaman (cari link yang berkata, You can view the published form here). Anda bisa mengkontrol sirkulasi form anda menggunakan metode berikut:

  • Mewajibkan akses login
  • Hanya dishare dengan beberapa orang
  • Embed form ke dalam blog atau halaman web (dari Spreadsheet, pilih Form>Embed form in a webpage).

LEAVE A REPLY