Mengenal Google Sheets

0
14
Conceptual shot of the information highway - ALL design on this image is created from scratch by Yuri Arcurs' team of professionals for this particular photo shoot

Google Sheets aplikasi spreadsheets yang dikembangkan oleh Google. Fungsinya seperti Microsoft Excel. Jika anda mengenal Excel dengan baik maka mencoba menggunakan fitur-fitur Google Sheets juga akan lebih mudah.

Tampilannya sederhana, namun penuh dengan format dan kerja dengan data yang luas. Untuk sekedar kalkulasi biasa, grafikm dan penyortiran. Google Sheets akan melahapnya dengan mudah. Selain itu, Google Sheets memberikan fitur berbagi secara online.

Penulis merekomendasikan Google Chrome untuk menjalankan Google Sheets ini. Jika anda tertarik menggunakan Google Sheets, bisa langsung meluncur ke projek projek yang telah penulis buat.

Bagaimana cara membuat Spreadsheets baru?

Membuat spreadsheet baru dilakukan dengan cara menekan tombol New di Google Drive, atau tanda + di Google Sheets. Secara otomatis, Sheets akan menyimpan informasi yang diketikkan.

Untuk mengubah nama spreadsheet di browser cukup mudah, klik nama pada jendela browser atas. Jika anda menggunakan aplikasi Google Sheets mobile, klik ikon more atau ikon informasi dan pilih rename.

Import File

Browser bila mengimport file xls dan xlsx dan menkonversikannya ke file Sheets untuk editing, kolaborasi, dan Form Web

Jika anda menggunakan Google Drive di browser, ikuti langkah ini untuk mengimport file excel

  1. Klik tombol New, dan pilih file upload
  2. Cari file excel yang akan diupload dan pilihlah
  3. Google Drive akan mengkonversi otomatis file excel ke google sheets, bergantung pada pengaturan anda. File baru teronversi akan tampil di My Drive
  4. Jika file excel tidak dikonversi, bukalah di Google Sheets dan pilih File > Save as > Google Sheets

Perlu dicatat bahwa format dan fungsi lainnya mungkin tidak akan berjalan selama proses konversi.

Sheets mengijinkan editing terbatas untuk file excel.

Export File

Google Sheets bisa mengekspor file menjadi format xlsx, ods, pdf, text, csv, tsv, dan HTML. Bukalah Spreadsheets di Browser  dan pilihlah File > Download as untuk melihat opsi yang tersedia.

Opsi ekspor untuk aplikasi Google Sheets yang berjalan di mobile terbatas untuk file xlsx

Ikuti langkah ini:

  1. Klik ikon more (3 titik)
  2. Pilih Share & Export
  3. Pilih Save as Excel (.xlsx)

LEAVE A REPLY