Format Konten E-learning

0
29

Ribuan kasus materi e-learning bergantung pada konten, semakin relevan, menarik, dan interaktif materi, semakin tinggi pula keberhasilan e-learning tersebut. Ada berbagai macam jenis konten untuk dipilih, di bawah ini adalah daftar format e-learning yang harus dipertimbangkan:

Digital Course

Kuliah digital sederhana sering disajikan sebagai slide dengan informasi media (video, audio, dan gambar). Authoring tool modern memungkinkan untuk membuat slide lebih beragam dengan kuis, simulasi, dan screencast. Kuncinya adalah membuat seluruh pengalaman menjelajah e-learning mudah diingat dan mudah dilalui. Disarankan isi materi e-learning 60% media dan 40% teks.

Berikut link contohnya
https://ispringteam.ispringcloud.com/acc/rTpctD80MTQ/view/414-zEHZz-cB33W-3rBkG/embedded?from=embed&fit=1&autoplay=1

Quiz

Sama seperti tes sekolah tradisional, kuis digital membantu menguji seberapa banyak karyawan telah belajar dari suatu pelajaran. Authoring tool modern memungkinkan untuk membuat tes yang menyenangkan dan interaktif, dengan percabangan, pertanyaan audio dan video, elemen drag and drop, dan banyak lagi.

Berikut contohnya
https://cdn4.ispringsolutions.com/demos/ispring-suite/the-basic-rules-of-merchandising/index.html?_ga=2.116499138.572930916.1581489318-1025427540.1581321128

Webinar

Webinar adalah kuliah online, sering direkam dengan webcam. Desktop speaker berfungsi sebagai papan tulis dimana mereka dapat menampilkan slide dan video.

Format ini memiliki dua manfaat. Pertama, materi bisa disiarkan ke ribuan karyawan sekaligus, dan kedua, pemirsa dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban secara real time.

Video Courses

Video Course membauat pendidikan menjadi menarik secara visual. Format ini menyenangkan dan dapat digunakan untuk topik apa pun. Pemateri hanya perlu memilih bagaimana mempresentasikannya. Video Course bisa berupa materi interaktif dengan pertanyaan sembulan (pop up question) dan elemen permainan, atau video informatif sederhana.

Berikut link contohnya
https://cdn4.ispringsolutions.com/demos/ispring-suite/preparing-for-a-call/preparing-for-a-call.mp4?_ga=2.150636274.572930916.1581489318-1025427540.1581321128

Youtube menggunakan format sederhana dan menarik ini tidak hanya untuk menyediakan hiburan tetapi juga untuk mendidik. Saat menonton acara memasak atau ulasan teknologi, maka kita terlibat dalam e-learning.

Screencast

Screen recording dapat membantu menunjukkan kepada orang bagaiamana mengoperasikan software tertentu. Misal, jika ingin memperkenalkan karyawan ke CRM, tunjukkan kepada mereka bagaimana software itu bekerja dengan format screencast.

Talking-Head Video

Sederhananya, ini adalah video yang melibatkan seseorang yang berbicara dengan kamera. Tujuannya adalah untuk melibatkan pendengar dengan kisah yang menawan, bisa berupa kisah sukses, wawancara dengan pakar, atau pameran produk.

Ebook dan Artikel

Banyak LMS memiliki katalog dimana Perusahaan menyimpan buku, longread, studi kasus, dan artikel lainnya. Bersama-sama, Bahan-bahan tersebut membentuk basis pengetahuan yang kuat yang dapat diakses karyawan kapan saja selama proses trainning.

Simulasi Percakapan

Simulasi membantu karyawan melatih keterampilan. Mereka mensimulasikan skenario yang mungkin dihadapi di tempat kerja. Ini bisa berupa dialog dengan klien di ritel, atau stimulasi kegagalan mesin di pabrik. Manfaat utama disini adalah bahwa karyawan dapat menyeleseikan tugas dengan aman di lingkungan virtual tanpa resiko potensi masalah di dunia nyata.

Berikut link contohnya
https://cdn4.ispringsolutions.com/demos/ispring-suite/bank_learning/index.html?_ga=2.120366540.572930916.1581489318-1025427540.1581321128

Simulasi VR

Mungkin bentuk paling efektif (dan mahal) yang diambil e-learning adalah program VR. Mereka memungkinkan pengguna untuk menjadi tenggelam dalam pengalaman virtual untuk coba-coba yang aman.

Milis (Mailing List)

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Paulina Fox (iSpring), 60% bisnis menggunakan milis, bagaimanapun, format ini tidak cocok untuk setiap solusi. Anda bisa mengajari bisnis korespondensi bisnis atau SEO, tetapi anda harus menghindari pelajaran email yang rumit.

Kerugiannya adalah ketika anda menggunakan mailout, Anda kehilangan kendali. Anda tidak dapat melacak berapa banyak orang yang membaca email dari atas ke bawah dan apa yang mereka pelajari darinya.

Podcast

Podcast sangat nyaman. Anda dapat mendengarkannya saat jogging atau saat mengemudi mobil daripada mendengarkan radio. Podcast seringkali panjang dan oleh karena itu harus menarik dan meyakinkan, sehingga pendengar tidak tertidur dengan suara manis lagu pengantar tidur informatif anda.

LEAVE A REPLY