Bit-Depth (Photoshop / After Effects)

2
35
Channel Red, Green, dan Blue dari sebuah gambar. Masing-masing Channel menyimpan nilai intensitas warna yang ditampilan dalam grayscale

Bit-depth merupakan jumlah warna yang tersedia untuk satu channel dari sebuah piksel. Sebuah Channel, dalam sebuah gambar, membawa nilai satu komponen model warna. Model warna, merupakan deskripsi matematis dari sebuah warna melalui himpunan angka. Seni digital, animasi, dan video menggunakan model warna RGB. Channel RGB ini ditambahkan untuk mengasilkan gambar di monitor. Jika banyaknya nilai Red, Green, Blue itu sama maka akan menghasilkan putih. Sedangkan ketiadaan nilai tersebut akan menghasilkan warna hitam.

After Effects bisa membaca rentang luas bit-depth. Selain itu, AE menyediakan tiga spesifik bit-depth yang bisa digunakan saat bekerja. Yaitu, seluruh kalkulasi dalam projek akan diproduksi pada akurasi bit-depth yang terpilih. Ketiga bit-depth tersebut adalah 8-bit, 16-bit, dan 32-bit. Nilai dalam masing-masing bit-depth menginformasikan jumlah potensial warna (juga disebut dengan tonal step) yang tersedia dalam Channel RGB. Sebagai contoh, 8-bit membawa 28 warna per channel. Untuk mencari total kapasitas warna dari sebuah bit-depth, kalikan channel secara bersama. Sehingga, 8-bit RGB memberikan 256x256x256, atau 16.777.216 warna. Perlu dicatat bahwa Ruang Warna After Effect untuk 16-bit sebenarnya menggunakan 15-bit per channel. Namun demikian, ini akan menghasil triliunan warna saat dikalikan bersama.

Anda bisa mengatur bit-depth melalui File > Project Setting dan mengubah menu Depth ke 8, 16, atau 32 bit per channel. Perhatikan bahwa 32-bit menggunakan arsitektur floating-point.

Jendela Project Setting untuk memilih bit-depth

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY