Hasil Render always turun kualitas

0
14

“Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

“Gantungkan pula Format mentah setinggi mungkin, agar saat render masih dalam keadaan berkualitas baik”

Dini hari mejelang setengah tiga malam pada Senin 18 November 2019, aku sedang ngobrol dengan temanku perihal hasil render yang selalu turun. Hasil render yang kutunjukkan padanya diteliti secara detail, dia menjelaskan bahwa setiap hasilr render selalu turun seperti yang dijelaskan dalam pelatihan yang pernah diikutinya di Surabaya.

Oleh karena itu, dia mengatakan kepadaku bahwa teman-temannya selalu mengambil gambar dengan kualitas 4k (atau kualitas tertinggi) sehingga yang didapatkan saat render akhir, hasilnya masih bisa diterima meskipun mengalami penurunan.

Aku juga menjelaskan pengalamanku dulu ketika jaman masih VCD dan DVD. Dulu, aku mencari formula untuk menghasilkan file dengan kualitas yang seperti aslinya atau minimal mendekati lah. Dari sekian banyak software, mulai permiere, vegas, cyperlink, semua masih kalah dengan TMPEG Enc untuk urusan menghasilkan format VCD dengan kualitas yang bagus. dan begiku software yg isa mendekati menyaingi TMPEG Enc tersebut adalah Vegas.

Begitulah aku share tentang pengalamanku, kalau sekarang sih jamannya MP4, jamannya H.264 pasti sudah berubah.

Pengennya sih saya ngebahas tentang format apa yang kugunakan untuk render akhir projek untuk pembaca. Tapi, jangan sekarang ya.. Lain kali saja hehe.. di saat waktu dan sikon yang tepat untuk menulis.

Baik sekian dariku, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY