12 GB (8 GB + 4 GB) di HP Ryzen 3

Upgrade Memory yang nggak Umum

0
10

Selamat sore kawan, ku bilang selamat sore sebab kutulis postingan ini pada sore hari hehe. Bila anda semua bacanya malam atau pagi, ya ga perlu dipermasalahkan oke hihi…. (btw sebenernya penting nggak sih awal paragraf ini)

Oke.. Langsung saja to the point. Hari ini aku upgrade memory untuk HP Ryzen 3, memory awal 4 GB 2666 MHz. Aku tambahkan 8 GB 2666 MHz Corsair Vengeance. Kini Total RAM laptopku menjadi 12 GB.

Umumnya orang akan mengisi laptop mereka dengan konfigurasi sebagai berikut:

  • 4 GB + 4 GB
  • 8 GB + 8 GB
  • dst

Mereka memasang dua memory yang identik. Namun, karena alasan tertentu, kupasangkan dua memory yang tidak identik, satu memory DDR4 4 GB (bawaan pabrik) dan memory tambahan DDR4 8 GB.

Lantas bagaimana kesan pertama dengan memory total 12 GB?

Jawabannya, lumayan menyenangkan. Ku coba photoshop 2018 melakukan masking lumayan lancar. Sedangkan, image yang kuedit diambil dari Nikon D7100 JPG dengan ukuran sekitar 5 MB. Dulunya, untuk melakukan preview saat memasking agak lambat, kini lebih responsif.

Kemudian, jika sebelumnya sering terpakai 75% ke atas memory yang terpakai saat menggunakan laptop, kini menjadi sekitar 35%. Lumayan guys, ada space kosong besar hehehe….

Oke, Photoshop dan ukura memory yg terpakai sudah dibahas. Kini, aku akan berbagi pengalaman menggunakan After Effects CC 2015. Hasilnya bagaimana? Lebih leluasa guys kecepatan saat editing. yang terpenting dalam melakukan editing adalah prosesnya yang enak dan nyaman. perkara rendering ya memang tergantung pada Prosesor.

Artikel ini insya Allah diupdate jika ada pengalaman baru yang dirasa perlu untuk dishare.

Baik, sekian dulu yang kubahas, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY