Mengetik Arab Pegon

0
153

-Membuat ebook Kitab Kuning- (Standar mas Ali era jaman Now)

Latar Belakang

jaman now adalah jaman serba digital tak terkecuali buku. Sekarang sudah banyak banjir buku dalam bentuk elektronik alias ebook. Di antara banyak jenis buku, Buku2 referensi dari Kitab2 yang ditulis dengan Arab+Pegon sangat minim beredar. Sementara itu kebanyakan masyarakat Islam (dalam hal ini Jawa) secara turun temurun mempertahankan Kitab yang ditulis dengan Arab+Pegon. Bahkan, tulisan arab+pegon ini sudah mulai dikenal anak kecil yang baru ngaji.

Identifikasi Masalah

Penulisan Arab + Pegon sampai saat ini tidak ada standar resmi font, perangkat baik hardware maupun software yang dikeluarkan otoritas ertentu untuk menulis Arab+Pegon sehingga sementara ini kita hanya bisa membaca ‘tulisan yang benar’ dari Kitab-Kitab yang ditulis asli tangan yang lebih banyak beredar di Pesantren.

Tujuan Penelitian

Memberikan kabar sedetail-detailnya bahwa meski tidak ada standar resmi kita bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk bisa mendigitalisasi buku dengan huruf Arab+Pegon

Manfaat

Melestarikan dan mempertahankan budaya

Sistematika

Penilitian ini dilakukan dengan tahapan-tahapan:
1. Mencari perangkat lunak pemroses kata dan harakat
2. Mencari font Arab yang familier dengan Jawa (indopak)
3. mencari langkah paling jitu untuk kebutuhan lalu Lintas antar software pemroses kata dan software editing ebook
4. Menentukan Standar Resmi penulisan Arab+Pegon (standar mas Ali)

Hasil Penelitian dari eksperimen pribadi

Keinginan mencetak salinan kitab dengan huruf yang familier di Indonesia terjawab sudah malam ini setelah sekian lama mencari…
Bagi anda yang membutuhkan rekomendasi font yang digunakan:
1. Adobe Naskh Medium versi 1.010 jangan instal versi terbaru, kalo sudah terinstal ,instal saja versi yg lama. Kenapa harus yg lama. Nanti akan terjawab saat pengalaman mengetik sesuai standar lokal
2. PDMS Saleem Qur’an. Gunakan font ini untuk kebutuhan penulisan ayat Qur’an. Gunakan aplikasi android dr Andi Unpam untuk mendapatkan tulisan ayat Qur’an dg Rasm Indopak.
3. Font resmi yg dikeluarkan kemenag,sayangnya saya belum mendapatkannya apalagi mencobanya. Maaf hehehe

Baik jika paragraf sebelumnya tentang font yg harus dipakai. Sekarang ttg pemilihan software text editor…
1. Gunakan Word.. ntar kalo butuh export ke Corel, print saja projek menjdi pdf, gunakan printer Adobe pdf jangan yg lain. Kenapa? Coba saja ntar tahu alasannya hehehe (alasannya terkadang ditemukan tulisan arab yang kurang sempurna saat diimport ke Corel)
2. QalamBartar. Untuk kebutuhan memberi harakat. Aplikasi ini lumayan enak digunakan apalagi jk keyboardny bukam Arabic. Kenapa sy memilih ini. Karena sy lebih cepat memberi harakat alif superlatif tanpa membuka character map.
3. Illustrator. Jika import pdf yang dibuat dari Word tulisan arabnya hancur maka jamunya adalah Illustrator. Buka pdf dari Word menggunakan illustrator, jadikan teks pdf tersebut menjadi curve kemudian save pdf lagi. setelah itu import ke Corel. (Jadi, untuk urusan mengetik tulisan Arab yang lebih sempurna ada di Illustrator daripada Corel)
4. CorelDraw. Software CorelDraw bisa saja digunakan langsung untuk mengetik Arab, namun berdasarkan pengalaman saya, terkadang mendapati tulisan arab yang kurang sempurna, Namun dengan kolaborasi dengan Illustrator menjadikannya sempurna. Mengapa CorelDraw saya gunakan? Karena software ini sangat nyaman untuk melayout buku atau majalah.

font apa yang paling cocok digunakan untuk menulis pegon?
rekomendasi:
Calibri (terbaru)
untuk keyboard silakan instal susunan atur papan kekunci jawi..
hanya saja untuk huruf g, harus sedikit berjuang replace secara otomatis sebab yang bikin atur papan kekunci orang Malaysia jadi ngikuti cara mereka…

Hasil uji coba nulis pegon menggunakan
Font Calibri
Harakat –> Qalambartar
Input Keyboard Arabic Saudi (101) + Susun Atur Papan Kekunci Jawi 3.1.1
Pengolah Kata –> Word
On Screen Keyboard

Catatan:

ada kesalahan penulisan dalam Pic. Pic hanya untuk ilustrasi.

سلامات منچوبا سموغا برمنفائات

SHARE
Previous articlePantun Romantis dari Raja Gombal
Next articleIstighatsah
Praktisi multimedia yang melayani pembuatan website, motion graphic, editing video, shooting, dan fotografi

LEAVE A REPLY