Hackaton Asia

0
46
Conceptual shot of the information highway - ALL design on this image is created from scratch by Yuri Arcurs' team of professionals for this particular photo shoot

Apa itu Hackathon?

Hackaton “Hacker Marathon” adalah bagaimana membuat sebuah projek IT (aplikasi) dalam waktu singkat yang dikerjakan dalam sebuah tim. Sedangkan Asia adalah nama institusi. Hackathon Asia 2.0 dikemas dalam perlombaan membuat aplikasi berbasis IT yang diselengggarakan oleh STMIK Asia. Begitulah yang saya dengar dari MC guys hehe…

Acara yang saya hadiri kemarin itu menghadirkan 10 finalis lomba hackathon. Pesertanya ada yang mahasiswa STMIK Asia dan ada yang alumni, diharapkan bahwa presentasi peserta lomba ini bermanfaat bagi semua.

Perlombaan ini dinilai oleh 4 dewan juri, setelah MC memperkenalkan dewan juri barulah peserta mempresentasikan hasil karyanya.

Berikut adalah 10 finalis Hackathon Asia 2.0

  1. Si Tukang Bangunan (SiTubang). Sistem Informasi Tukang Bangunan berbasis web yang memberikan kemudahan customer yang susah mencari tukang bangunan dan memudahkan Tukang Bangunan yang mencari projek yang ditawarkan customer di Aplikasi ini.
  2. Smart Disaster Respon System. Sistem cerdas penanggulangan bencana dengan clustering dan mapping sebaran korban. Data korban bencana didapatkan melalui lembaga resmi. kemudian diupload melalui website yang hasilnya bisa diakses ke masyarakat dalam bentuk tabel dan grafik.
  3. Misisosial. Situs donasi pakaian layak untuk korban bencana alam. Presenter menjelaskan bahwa ada baju yang tidak layak untuk dipakai oleh korban misal laki-laki memakai baju perempuan.
  4. Loakin. Aplikasi mengambil sampah untuk diolah lagi menjadi yang lebih bermanfaat.
  5. Telor Dadar Doinme. Aplikasi jembatan pembeli, penyedia jasa, dan pelaku bisnis. Semacam envato gitu lah kalo menurut saya, digital marketing.
  6. Jagoan Travel. Aplikasi yang mengangkat pariwisata di setiap kota. Biar banyak yang mengetahui potensi wisata daerah. Aplikasi ini dilengkapi dengan informasi layanan dan jasa.
  7. VIP Dislok. Distribusi Lokal. Aplikasi yang membantu memperluas pasar.
  8. E wazte. From waste to treasure. Sampah dijadikan bahan yang lebih bermanfaat. Customer menyetor sampah mendapatkan poin untuk ditukarkan dengan layanan.
  9. Paus.com. Pasar Usaha. Aplikasi yang membantu memasarkan produk. digital Marketing. hanya saja dibatasi untuk Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.
  10. Pitulung.com situs untuk donasi sosial.

Hasil Lomba

Perlombaan ini dimenangkan oleh tiga peserta dengan kategori Juara Ide terbaik, Juara Aplikasi Terbaik, dan Juara Umum. Berikut adalah peserta yang memenangkan lomba.

  1. Juara Umum –> E wazte. dapat pembimbingan senilai 30 juta, dapat dari investor sebesar 50 juta
  2. Juara Aplikasi Terbaik –> Smart Respon Disaster System.
  3. Juara Ide Terbaik –> Loakin. Aplikasi sampah untuk diolah lagi.

Baik, berikut yang bisa saya sampaikan kekurangan, kelebihan, dan kesalahan informasi mohon maaf sebesar-besarnya. Have a nice day

LEAVE A REPLY