Bagaimana Membuat Vlog Traveling

0
36

Salah satu yang paling berharga tentang membuat video travel sendiri yaitu kamu adalah produsernya, dan kamu bisa memutuskan apa yang kamu inginkan, bagaimana kamu akan memfilmkan ceritamu, dan kamu tak harus menunggu orang lain menyetujui videomu sebelum menerbitkannya.

Kali ini saya akan bahas bagaimana membuat video traveling, dan kita akan semakin mendalami tentang topik berikut.

4 Langkah Dasar

  1. Tentukan Ceritamu: menurut Harvard Business Review, otak kita secara alami menyukai cerita cinta dan tertarik untuk mengikutinya. Bayangkan tentang cerita apa yang akan kamu bagikan dalam video.
  2. Filmkan videomu: Begitu kamu punya cerita, saatnya pula memulai memfilmkan videomu. Saya merekomendasikan untuk mengambil banyak Shot detail close up, dan shot wide long. Dan juga beberepa shot ekstra untuk editing akhir.
  3. Menyunting video: Menyunting video adalah proses mengambil klip mentah yang kamu filmkan, dan membuatnya menjadi cerita yang beralur, dimana kamu bisa memotong bagian yang tak penting dan membiarkan yang lainnya dalam sequence. Menyunting video itu semacam merangkai puzzel, kamu harus menatanya dengan teratur.
  4. Bagikan dan promosikan: Begitu kamu telah menyelesikan video, saatnya pula kamu menguploadnya ke Youtube atau lainnya yang kamu sukai dan promosikan sehingga kamu bisa berbagi cerita dengan yang lain.

Sekarang, mari lebih jauh lagi lebih mendalam.

Ide Vlog Traveling

Sebelum kamu memulai membuat vlog traveling, kamu mungkin menghabiskan waktu untuk berfikir seperti apa vlog traveling yang akan kamu buat.

Terkadang, ada baiknya untuk memulai membuat video terlebih dahulu. Kemudian, setelah melakukan beberapa percobaan, kamu akan bisa menentukan jenis video apa yang kamu sukai, itulah cara yang paling efektif untuk kamu lakukan.

Berbagai Jenis Video Traveling

  • Vlog Travel: Vlog, atau video blog, adalah kesamaan dari posting blog dalam bentuk video. Vlog travel biasanya sangat pribadi, secara keseluruhan sangat alami, terfokus pada kenyataan, dan untuk sebagian besar tak perlu diedit atau difilmkan secara sempurna (seringkali difilmkan sendiri, selfi). Menurut BBC, kunci menjadi vlogger teratas adalah mereka membangun kepercayaan dengan audiens mereka. Vlog adalah salah satu metode pilihan untuk membuat video travel karena membuat tidak begitu ada tekanan dan terjadi mengalir alami begitu saja. Selain menunjukkan kepribadian, biasanya vlog travel berisi informasi dimana harus menginap, dan kemana harus makan.
  • Video Panduan Traveling: Membuat video tujuan panduan perjalanan bisa jadi semacam ini “Panduan berwisata di Kota Malang” atau ” 25 hal yang harus dilakukan di Kota Malang”. Ini adalah contoh video perjalanan yang bukan hanya informasi update untuk pribadi namun dirancang untuk menginspirasi dan membantu orang bepergian atau traveling. Selain itu, jenis video tujuan perjalanan ini dapat dioptimalkan untuk mesin pencari (baik Youtube maupun Google) sehingga tetap akan ditontot oleh orang. Video tujuan perjalanan bisa banyak rencana, footage, dan banyak editing. Namun, hasil yang terlihat dari jenis video ini sangat besar.
SHARE
Previous articleLaporan X Meka
Next articleHackaton Asia
Praktisi multimedia yang melayani pembuatan website, motion graphic, editing video, shooting, dan fotografi

LEAVE A REPLY