Workshop Thinking Creatively in Digitalized Era

0
58

Awalnya menyangka bahwa workshop ini tentang bagaimana menggambar menggunakan tablet, namun ternyata workshop ini membahas sesuatu yang lebih luas dari sekedar menggambar. Ada tiga pemateri dalam workshop ini, masing-masing menyampaikan materi dengan judul yang berbeda. Materi pertama, Writing and Drawing For Graphic Novels yang disampaikan oleh Mas Yon.

Materi pertama ini membahas bagaimana membuat storyboard dan layout untuk Graphic Novels. Graphic Novels ini bukanlah komik, namun semacam komik tapi versi yang ‘panjang’. Di sini juga diajarkan tentang cara membuat teks yang mewakili dialog dan efek suara di Graphic Novels, Storytelling yang membahas tentang time, Crossing the line (kamera), layout consideration, that look confusingly the same, dan sebagainya.

Materi kedua, Life Drawing for Animation, Illustration and Cartooning yang disampaikan oleh mas Dimas. Materi ini membahas tentang Menggambar objek yang diperankan oleh model dalam rentang waktu 20 detik, setiap 20 detik model akan mengubah pose. Selain itu, trainer memberikan pengetahuan mengenai pergerakan kamera. Quote yang masih teringat dalam materi ini dan menurut saya bagus adalah “There are no bad drawing, only an uninteresting one” (Vincent Woodcock).

Materi ketiga, Calligraphy Design yang disampaikan oleh Mas Andreas. Pada materi terakhir ini peserta workshop diajari membuat kaligrafi tulisan, dalam hal ini tulisan latin. Pemateri menjelaskan tentang kaligrafi tulisan ini cenderung memberikan keindahan. Metode penguasaan materi yang disampaikan oleh Mas Andreas adalah Knowlede-Skill Drill method yaitu pengetahuan diberikan dulu baru skill mengikuti.

Sebagai materi terakhir, para peserta disuruh memilih satu dari tiga materi untuk ‘action’. Kebetulan saya memilih Mas Andreas untuk belajar membuat tulisan kaligrafi latin. Dengan peralatan yang ada, saya cukup kesulitan membuat huruf a, saya sempat diajari dua kali atau lebih untuk mempraktekkannya. Apakah hasil praktek saya bagus? hehehe…. Rahasia..

Quote yang saya jadikan percobaan menulis kaligrafi (Lettering) adalah “Aku melihat Tuhan dalam dirimu”.

SHARE
Previous articleSebatang Bakau ditempa palu
Next articleLaporan X Meka
Praktisi multimedia yang melayani pembuatan website, motion graphic, editing video, shooting, dan fotografi

LEAVE A REPLY