Gambaran Umum MathCAD

0
265

Apakah MathCAD itu?

Dalam pengertian umu, Mathcad memadukan:

  • catatan dan fungsi matematika berbasis teknik (engineering)
  • mesin komputasi numerik dan simbolik yang powerful
  • alat pemroses kata dan visualisasi berfitur bagus dan fleksibel

MathCAD didesain untuk produktivitas penyelesaian masalah teknik (engineering) dan presentasi solusi. Dalam pandangan yang lebih besar, MathCAD memungkinkan engineer bekerja dengan tool matematis powerful dan paling natural yang tersedia.

MathCAD memberikan kemampuan penyelesaian, fungsionalitas, dan ketangguhan yang diperlukan untuk penghitungan, manipulasi data, dan pengerjaan desain enginnering. Interfacenya dibuat sederhana dengan fitur lengkap yang memudahkan membuat teks, rumus, grafik yang tergabung dalam sebuah lembar kerja yang bisa dengan mudah divisualisasikan, diilustrasikan, diverifikasi, dan diberi keterangan.

Tidak seperti software teknik lainnya, MathCAD memberikan kemudahan penghitungan matematika seperti yang anda lakukan. Persamaannya seperti yang ditulis di lembar kertas, namun bisa dikalkulasi secara langsung. Memasukkan rumus, membuat grafik data atau fungsi, dan memberi keterangan dengan teks atau ditempat manapun di lembar kerja.

image

Mencari turunan, integral, menghitung akar, menyeleseikan persamaan sistem atau ODE. mengubah data, variabel, atau persamaan, dan MathCAD secara langsung menghitung kembali lembar kerja anda. Coba ketikan persamaan seperti dibawah dan ubah angka 3 untuk melihat apa yang terjadi pada hasil akhirnya

image

Anda juga bisa memadukan penghitungan numerik dan simbolik dalam lembar kerja yang bisa terupdate

image

Bisa juga mengupdate grafik

image

Analisa Satuan (unit)

MathCAD memudahkan anda mengkonversi antar sistem satuan, dan bahkan membantu menemukan kesalahan dengan memberitahu anda jika anda membuat kesalahan dalam menuliskan satuan dalam lembar kerja perhitungan. Contohnya, Penghitungan Gaya dibawah ini berakhir dengan satuan Newton (atau satuan yang setara)

image

tampaknya, ada tambahan satuan secon dalam akhir penghitungan. Dengan melihat pernyataan dalam penghitungan, anda bisa melihat bahwa definisi percepatan a salah, kurang se per secon.

Anda bisa menghitung persamaan dengan satuan yang berbeda seperti di bawah ini:

image

Sistem satuan default pada MathCAD adalah SI, namun anda bisa mengubah menjadi sistem lain seperti MKS, CGS, US, atau none. Untuk mengubah satuan hasil dari meter ke feet, hanya klik pada placeholder satuan dan ubahlah.

image

SHARE
Previous articleSabar
Next articleAngka dan Ketelitian
Praktisi multimedia yang melayani pembuatan website, motion graphic, editing video, shooting, dan fotografi

LEAVE A REPLY