Keluarga

0
185

masuk hari ke 6 Rajab 1435

Mutiara Hati – Keluarga (Transkrip video Quraish Shihab Ramadhan 2012)

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Sodara Pemirsa..

mari kita berbincang tentang keluarga.. keluarga adalah unit yang terkecil dari suatu masyarakat.. bila keluarga baik maka masyarakat akan menjadi baik dan demikian pula sebaliknya…

Karena itu bertebaran tuntunan dan nasehat bukan hanya dri agamawan tapi dari orang orang bijak pun yang menekankan perlunya memberikan perhatian kepada keluarga dan perlunya setiap anggota keluarga melaksanakan fungsi fungsinya dengan baik.

Sodara…

Tuhan berpesan Bertakwalah kepada Allah yang kamu saling minta meminta atas namaNYA dan berbaik baiklah berbuat baiklah dan peliharalah hubungan kekeluargaan kamu.

Sodara… banyak diantara kita yang menduga paling tidak melalui aktivitas sehari harinya, menduga bahwa fungsi keluarga hanya sekedar fungsi ekonomi. Berpayah payah dari pagi sampai malam untuk mencari rizki dan tidak jarang melupakan keluarga. Keluarga tidak hanya berfungsi untuk bidang ekonomi, bukan hanya fungsinya pada bidang reproduksi, bukan juga hanya dalam bidang memberikan rasa aman. Tetapi salah satu fungsinya yang paling utama adalah memberi cinta kasih

Sodara..

Agama Islam justru menggaris bawahi tujuan dari perkawinan itu adalah lahirnya cinta kasih dan itu bersumber dari rasa mawaddah dan rahmah yang dianugerahkan Allah pada setiap manusia.

Sodara…

mari kita gunakan kesempatan di bulan Ramadhan ini untuk meleburkan fungsi fungsi keluarga dalam kehidupan sehari hari kita, mari kita saling membuka diri saling belajar dan mengajar dan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada keluarga kita. Karena dari sanalah akan lahir keluarga yang sehat, sejahtera, yang kemudian akan melahirkan negara, bangsa yang kuat. Bagi mereka yang tidak berpuasa bersama keluarganya, hubungan cinta kasih pun harus selalu dijalin. Bagi mereka yang jauh dari keluarganya hendaknya mendekatkan mereka itu ke hati siapa yang jauh darinya sehingga terjalin hubungan cinta kasih kepada keluarga itu.

Sodara… banyak sekali hal yang dapat kita wujudkan dari kehadiran bulan puasa ini. mari kita makan bersama, berbuka bersama, sahur bersama, mari kita melakukan tadarus bersama, mari kita saling terbuka, saling nasehat menasehati, dan saling maaf memaafkan. Suasana bulan puasa, suasana kerohanian, mari kita manfaatkan untuk membina keluarga kita masing masing.

Semoga Allah membimbing kita menuju arah yang baik dan benar

SHARE
Previous articlePerkawinan
Next articleIlmu
Praktisi multimedia yang melayani pembuatan website, motion graphic, editing video, shooting, dan fotografi

LEAVE A REPLY